Percakapan dalam Bahasa Jepang

Beberapa Percakapan Dalam Bahasa Jepang :

A. Perkenalan
-.Watashi wa Rita desu.
saya adalah Rita(bisa juga di gunakan Watahi no Namae wa Rita desu = Nama Saya adalah Rita)

-.Anata wa Dare desu ka.
Kamu siapa?(bisa juga Anata no Namae wa dare desuka = Nama Kamu siapa? )

-.Atashi wa Jakarta Ni Sunde Imasu
Saya tinggal di Jakarta.

-.Atashi wa Gakusei desu.
Saya seorang pelajar.

-.Atashi wa Daigakusei desu.
Saya seorang mahasiswa.

-.Atashi wa Indonesia jin desu.
Saya Orang indonesia.

-.Anata wa Nan no jin desu ka
Kamu orang mana?

-.Watashi Tachi wa shimbunkisha desu.
Kami adalah wartawan.

-.Anata wa Sakura san desuka
Apakah anda Nona Sakura?
-.Hai, Sou desu.
Ya,betul.


-.Suzuki san wa Donata desu ka
Suzuki wa Watashi desu.

-.Yoshida san wa keikan desu.
Tuan Yoshida adalah seorang polisi.



* Untuk menggabung kan dua kata Benda atau Kalimat desu yang pertama bisa di ganti dengan De. Misal nya:
-Watashi wa Dody desu.
-Watashi wa indonesia jin desu.
Bila menggunakan Penghubung de akan menjadi :
-Atashi wa Dody de,Indonesia jin desu.

-Sony san wa otoko de ginkouin desu.
Dody seorang laki laki,pegawai bank.

-Watashi tachi wa sensei de,anata tachi wa seito desu.
Kami adalah guru,kalian adalah murid.


Kosakata;
-Watashi :saya
-Watashi tachi:Kami,Kita
-Anata Tachi :Kalian
-Dare/donata :Siapa
-gakusei/seito:Murid,pelajar
-daigakusei :Mahasiswa
-Jin :Orang
-shimbunkisha :Wartawan
-san :Nona,Tuan,Sdra,sdri,nyonya. (kalau untuk hitungan san berarti 3)
-Keikan :Polisi
-Namae :Nama
-Otoko :Laki Laki
-Ginkouin :Pegawai Bank
-sensei :guru
-sunde imasu :Tinggal,Bermukim
-Hai :Ya
-Iie :Tidak,Bukan
-Nihon :Jepang


B.Bentuk Negatif.
Bentuk Negatif adalah sanggahan dari bentuk Positif(Desu).

-.Anata wa sensei desu ka?
apakah anda guru?
Iie,watahi wa sensei dewa arimasen./ja arimasen.
Bukan,saya bukan guru.

-.Anohito wa Nihon - jin desu ka
Apakah dia orang Jeoang?
-Iie,So dewa Arimasen/Ja Arimasen.Anohito wa Indoneshia jin desu.
Bukan,Dia orang indonesia.

-.Anata wa Fuji san desu ka
apakah anda tuan Fuji?
-Iie,Atashi wa Fuji san dewa arimasen/Ja arimasen.
Tidak,Saya bukan tuan Fuji.

Tidak ada komentar: